Resep Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak

Cara membuat Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak yang sederhana dan enak dengan menu Resep Masakan Rumahan yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak. Resep Masakan Rumahan kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Masakan Rumahan dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Masakan Rumahan yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Resep Masakan Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak
Bahan-Bahan yang Disiapkan:
  • Ikan cakalang (1 ekor)
  • Mie telur (500 gram)
  • Kubis (50 gram)
  • Sawi (2  buah)
  • Bawang putih (5 siung)
  • Bawang merah (7 siung)
  • Daun bawang (2 sdm)
  • Cabai rawit (3 buah)
  • Serai (2 batang)
  • Lengkuas (3 cm)
  • Air  (secukupnya)
  • Merica bubuk (1/2 sdt)
  • Minyak sayur (secukupnya)
  • Lada bubuk (2 sdt)
  • Garam (4 sdt)
  • Gula pasir (2 sdt)

Cara Membuat Mie Kuah Cakalang:
  1. Pertama bersihkan tubuh ikan cakalang dari kotoran, cuci hingga bersih dan siap untuk dimasak. Pastikan untuk menyuwir daging ikan cakalang.
  2. Buatlah kaldu dari rebusan serai dan lengkuas. Masak kaldu selama 15-20 menit. Saring air rebusan kaldu dari ampas serai dan lengkuas.
  3. Rebus mie telur dengan campuran air dan minyak sayur sebelum bisa dimasak, gunakan api berukuran sedang dan rebus selama 5-7 menit. Angkat kemudian tiriskan.
  4. Haluskan semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica bubuk dan lada bubuk. Jika ingin mendapat rasa bumbu yang lebih enak, haluskan dengan cara di ulek daripada menggunakan blender.
  5. Jika bumbu sudah halus selanjutnya panaskan minyak goreng dan tumis bumbu sampai matang dan berbau harum.
  6. Masukan suwiran daging ikan cakalang ke dalam tumisan, aduk merata sampai bumbu meresap ke dalam daging. Masak dengan api ukuran sedang dan biarkan sebentar.
  7. Selanjutnya masukan air rebusan kaldu ke dalam masakan, masukan secara perlahan sedikit. Aduk kaldu bersama daging ikan cakalang dengan searah jarum jam. Hati-hati ketika mengaduk karena bisa membuat daging ikan cakalang hancur.
  8. Setelah itu tambahkan garam dan gula pasir ke dalam masakan, cicipi rasa masakan Anda sampai mendapatkan rasa yang diinginkan.
  9. Potong sawi dan kubis menjadi ukuran kecil-kecil dan tambahkan ke dalam masakan pada saat hampir matang.
  10. Jika dirasa sudah matang secara merata angkat dan masukkan ke dalam wadah untuk bisa disajikan. Beri taburan berupa potongan daun bawang diatasnya. Mie kuah cakalang sudah siap untuk dinikmati.

Tips dalam Memasak Mie Kuah Cakalang:
  • Untuk membersihkan ikan cakalang memang tidak terlalu mudah maka dari itu Anda bisa membeli daging yang sudah berupa potongan.
  • Untuk membuat mie telur tidak menempel lengket setelah direbus Anda bisa menambahkan pada air rebusan berupa minyak sayur atau minyak wijen.
  • Ikan cakalang memiliki tekstur daging yang tidak padat dan mudah hancur, oleh karena itu ketika memasak ikan cakalang jangan mengaduk terlalu sering.
  • Ketika membuat kaldu waktu yang tepat sampai kaldu benar-benar terbentuk dan menghasilkan cita rasa yaitu selama 22 menit.

Lihat juga "10 Resep Masakan Rumahan Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Masakan Rumahan yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak adalah salah satu menu Resep Masakan Rumahan empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Masakan Rumahan" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Masakan Rumahan adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Masakan Rumahan yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Masakan Rumahan dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Mie Kuah Cakalang Dijamin Enak dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Masakan Rumahan yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Masakan Rumahan yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Masakan Rumahan ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Masakan Rumahan dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: