Resep Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap

Cara membuat Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan-Bahan dan Bumbu:

  • Ikan Mujair ukuran sedang 2 ekor
  • Jeruk nipis
  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai hijau 5 buah
  • Cabai merah 5 buah
  • Cabai rawit 5 buah
  • Tomat 1 buah
  • Bawang Bombay ½
  • Kecap manis 4 sdm
  • Saus tiram 4 sdm
  • Kaldu bubuk ½ sdt
  • Minyak secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat:


  1. Cuci bersih mujair. Buang jeroan dan juga sisiknya. Beberapa orang lebih senang memasak mujair saus tiram dengan satu mujair utuh. Beberapa yang lain lebih suka mengiris mujair menjadi beberapa bagian tergantung selera.
  2. Oleskan perasan jeruk nipis dan juga garam ke mujair yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa saat agar bau amis ikan mujair bisa berkurang.
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng mujair. Jika dirasa sudah cukup, ambil mujair dari air perasan jeruk nipis dan mulai goreng mujair. Jika mujair digoreng dalam keadaan utuh dan tidak dipotong, pastikan semua bagiannya terendam sempurna. Jangan terlalu kering saat menggoreng mujair karena nanti mujair akan di tumis lagi.
  4. Setelah mujair selesai digoreng, selanjutnya adalah mempersiapkan bumbu tumis dan saus tiramnya. Iris semua bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, bawang Bombay, semua cabai, dan juga tomat.
  5. Panaskan minyak untuk menumis. Jangan terlalu banyak karena mujair juga sudah mengandung minyak dari hasil gorengan sebelumnya. Setelah minyak panas, masukkan semua bumbu iris. Tumis hingga harum.
  6. Sekiranya bumbu sudah agak kering dan matang, masukkan kecap manis, gula, garam, dan juga saus tiramnya. Tambahkan air secukupnya seluruh ikan mujair bisa terendam sempurna, lalu tutup wajan hingga kuah saus tiram mendidih.
  7. Saus tiram yang mendidih biasanya akan mengental. Silakan koreksi rasa sembari kuah saus ram terus diaduk. Jika sudah pas, kemudian masukkan ikan mujair ke dalam kuah saus tiram. Aduk-aduk perlahan sampai merata. Jangan sampai mengaduknya terlalu keras karena hanya akan membuat mujair hancur.
  8. Tunggu sementara waktu hingga soak tiram benar-benar meresap. Jika sudah, maka ikan mujair saus tiram siap disajikan. Santap dengan nasi hangat agar lebih nikmat.

Yang Harus Dihindari


  • Menjaga mujair agar tidak hancur adalah hal yang paling sulit. Maka pastikan untuk hati-hati saat menggoreng maupun menumis ikan mujair bersama dengan saus tiram. Usahakan untuk membolak-balik mujair sesedikit mungkin selama proses pengolahan.
  • Saus tiram yang terlalu lama dimasak akan semakin mengental. Terus pantau saus tiram agar teksturnya tidak terlalu kental saat belum dimasuki ikan mujair. Pada beberapa kasus, saus tiram bahkan bisa menyebabkan gosong. Tambahkan air jika diperlukan. Namun juga jangan terlalu encer karena akan mengurangi esensi dari saus tiram itu sendiri.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Saus Tiram Kental Mantap dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: