Resep Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak

Cara membuat Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan-Bahan dan Bumbu:

  • Ikan Mujair ½ kilo, untuk ukurannya tergantung selera
  • Cuka
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 10 siung
  • Cabe merah berukuran besar 3 biji
  • Cabe rawit 15 biji
  • Tomat 3 buah
  • Serai 3 biji
  • Kunir 1 ruas kecil
  • Jahe secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kecap manis 3 sdm
  • Air
  • Minyak goreng

Cara Membuat:


  1. Bersihkan mujair menggunakan air mengalir. Sayat ikan di bagian tengah agar nanti bumbu pedas manisnya bisa meresap dengan baik. Setelah bersih, kemudian rendam mujair dalam air yang dicampur cuka dan sedikit garam. Selain untuk membuat mujair lebih gurih, proses ini juga berguna untuk mengurangi bau amisnya.
  2. Rendam mujair kurang lebih selama 10 menit. Jangan terlalu lama merendam mujair dalam larutan cuka dan garam karena mujair bisa hancur.
  3. Panaskan minyak untuk menggoreng mujair. Jika sudah cukup panas, angkat mujair dari perendaman dan goreng mujair. Pastikan semua bagian mujair terendam dalam minyak agar matangnya lebih merata dan sempurna.
  4. Setelah ikan menguning, langsung angkat dan tiriskan. Jangan terlalu matang menggorengnya karena nanti mujair masih harus dimasak lagi bersama dengan bumbu pedas manisnya. Jika digoreng terlalu kering, maka mujair lebih berisiko hancur saat dimasak pedas manis.
  5. Siapkan bumbu-bumbu pedas manisnya. Iris tipis bawang merah, bawang putih serta kedua cabai rawit dan cabai merah. Kunir, jahe dan serai digeprek sendiri. Lalu untuk tomat, bisa Anda belah besar-besar menjadi 4 bagian.
  6. Panaskan lagi minyak untuk menumis. Jangan terlalu banyak. Sekiranya cukup saja untuk menumis bumbu pedas manisnya.
  7. Masukkan terlebih dahulu bumbu irisnya. Tunggu hingga setengah matang. Baru kemudian masukkan bumbu gepreknya yaitu kunir, jahe, dan serai. Jangan lupa untuk memasukkan daun salam dan daun jeruknya juga. Tumis sampai aroma menjadi harum.
  8. Tambahkan air secukupnya. Kira-kira air bisa merendam mujair yang nantinya akan dimasukkan. Kemudian tunggu air sampai mendidih terlebih dahulu agar matang dan menyatu dengan bumbu yang sudah ditumis sebelumnya.
  9. Masukkan ikan jika kuah pedas manis sudah mendidih. Tambahkan gula dan garam. Koreksi rasanya. Lalu tambahkan juga kecap manis sesuai selera. Hindari membolak-balik ikan mujair terlalu sering karena akan membuat ikan hancur.
  10. Untuk sentuhan terakhir, masukkan tomat segar untuk membuat rasanya semakin kaya. Lakukan koreksi rasa untuk yang terakhir kalinya. Jika rasanya sudah pas, langsung angkat dan sajikan. Ikan mujair pedas manis siap disantap.

Hal yang Harus Dihindari


  • Yang paling sulit dari membuat resep ini adalah menjaga mujair agar tidak hancur sampai matang. Kuncinya adalah jangan terlalu lama saat menggoreng ataupun menumisnya bersama bumbu pedas manis. Jangan terlalu sering juga saat membolak-baliknya.
  • Untuk tingkat kepedasan bisa diatur sesuai selera. Namun untuk rasanya tetap harus seimbang. Harus ada perpaduan antara rasa pedas dan manisnya.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Pedas Manis Praktis Dijamin Enak dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: