Resep Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah

Cara membuat Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan Utama, Bahan Tepung, dan Bumbu-Bumbu:

  • Ikan mujair ukuran sedang 6 ekor
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Kunyit agah besar sekitar 5 cm
  • Ketumbar 1 sdt
  • Jinten ¼ sdt
  • Garam secukupnya
  • Tepung terigu 5 sdm
  • Tepung beras 1 sdm
  • Tepung maizena 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat


  1. Bersihkan ikan mujair dengan air mengalir. Keluarkan semua jeroannya. Jangan lupa untuk membersihkan sisiknya agar bumbu bisa meresap dengan baik, dan tepung bisa merekat dengan sempurna.
  2. Setelah mujair bersih, kemudian rendam mujair dengan air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Proses ini bertujuan untuk mengurangi bau amisnya. Lakukan perendaman selama beberapa saat.
  3. Sembari menunggu ikan mujair direndam, haluskan bumbu-bumbu baluran terlebih dahulu. Haluskan bawang putih, kunyit, dan juga jinten. Jangan lupa untuk memberikan garam secukupnya.
  4. Angkat ikan dari perendaman pertama. Kemudian balurkan bumbu halus ke semua mujair. Pijat-pijat ringan dan pastikan bumbu meresap ke setiap sela-sela mujair. Anda juga bisa mengiris pemukaan mujair sebanyak tiga kali untuk membuat bumbunya semakin meresap.
  5. Setelah dipijat, rendam lagi mujair dalam bumbu baluran. Untuk proses perendaman ini membutuhkan waktu yang lebih lama. Waktu yang paling ideal adalah sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam. Semakin lama semakin baik.
  6. Sambil menunggu bumbu baluran meresap, siapkan campuran tepungnya. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk memberikan merica untuk memberikan aroma yang lebih enak. Kemudian berikan garam secukupnya.
  7. Aduk tepung hingga merata. Dan tepung siap digunakan.
  8. Angkat ikan yang sudah dibalur dengan bumbu halus, kemudian guling-gulingkan di tepung yang sudah disiapkan. Ketuk-ketuk mujair agar tidak ada tepung yang menggumpal. Kemudian goreng ikan di minyak dengan suhu tinggi. Pastikan semua badan ikan terendam sepenuhnya agar tingkat kematangan merata.
  9. Setelah dirasa cukup kering, angkat ikan, dan tiriskan. Ikan mujair goreng tepung siap disajikan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan


  • Karena pengolahan mujair pada resep ini digoreng, maka pastikan untuk membersihkan mujair dengan benar. Terutama untuk sisik mujairnya. Hal ini untuk menghindari sisik menjadi keras saat digoreng dan akan mengganggu saat dimakan.
  • Jangan terlalu banyak memberikan sayatan di badan ikan agar bumbu meresap. Cukup berikan sayatan secukupnya yaitu 3 sampai 4 sayatan saja untuk menghindari ikan hancur saat digoreng.
  • Untuk masalah tepungnya, silakan takar dengan seksama agar tepung tidak terlalu keras ataupun tidak terlalu lembek saat sudah masuk ke dalam minyak. Kegagalan membuat resep ini sering kali terletak pada kesalahan dalam menakar tepungnya.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Goreng Tepung Dijamin Renyah dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: