Resep Ikan Mujair Panggang dengan Kecap

Cara membuat Ikan Mujair Panggang dengan Kecap yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Panggang dengan Kecap yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Panggang dengan Kecap

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Panggang dengan Kecap. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan-Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Masakan

  • Ikan mujair 650 gram (1 ekor)
  • Garam (1 sendok teh)
  • Air asam jawa (1 sendok makan)
  • Air jeruk lemon (1 sendok makan)
  • Kecap manis (4 sendok makan)
  • Minyak secukupnya
  • Bahan Bumbu Halus
  • Jahe (2 cm)
  • Minyak secukupnya
  • Cabe merah keriting (4 buah)
  • Bawang putih (2 siung)
  • Bawang merah (5 siung)
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar sangrai (2 sendok teh)

Proses Pembuatan Ikan Mujair Panggang Kecap

  1. Siangi ikan mujair. Kemudian cuci ikan tersebut hingga bersih. Cuci keseluruhan ikan mulai dari luar hingga bagian dalam ikan. Anda harus memastikan bahwa ikan mujair bebas dari kotoran baik kotoran dari luar maupun dari dalam.
  2. Kerat-kerat bagian tubuh ikan mujair dan beri sayatan sekitar 3 cm. Beri sekitar 3 – 4 sayatan di setiap bagian kanan dan kiri ikan.
  3. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk lemon. Lumuri secara merata dengan membolak-balikkan ikan. Setelah dilumuri, masukkan ikan di kulkas dan tunggu selama 10 menit.
  4. Campurkan semua bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus ke dalam blender. Lalu blender bahan tersebut hingga tercampur rata.
  5. Panaskan minyak di dalam wajan. Setelah panas, tumis bumbu halus tersebut sampai mengeluarkan bau harum. Jangan lupa untuk memberikan air asam jawa. Setelah itu, aduk bumbu yang telah diberi asam jawa secara merata. Kemudian matikan api.
  6. Masukkan kecap manis sesuai selera. Aduk hingga kecap manis tersebut tercampur ke dalam adonan yang telah di tumis tadi. Setelah itu sisihkan.
  7. Olesi ikan mujair dengan bumbu yang sudah ditumis secara merata di seluruh badan ikan. Pastikan untuk tidak ada bagian yang terlewat dari olesan bumbu tadi.
  8. Bakar atau panggang ikan mujair yang telah diolesi bumbu di teflon yang sudah disediakan. Anda juga bisa menggunakan alat pemanggang seperti oven. Jangan lupa untuk sesekali mengolesi badan ikan mujair dengan bumbu lagi agar rasanya lebih nikmat.
  9. Tunggu beberapa saat hingga ikan mujair panggang matang. Setelah matang, sajikan ikan tersebut selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan lalapan yang diinginkan.

Tips Membuat Ikan Mujair Panggang Kecap


  • Jika Anda ingin ikan mujair panggang terasa pedas, bisa menambahkan potongan cabe rawit ketika menumis bumbu untuk dioleskan ke ikan.
  • Kalau ingin bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan, ketika ikan sudah diolesi dengan bumbu, simpan di dalam kulkas selama 30 menit sebelum di panggang.
  • Untuk memanggang, Anda bisa menggunakan grilling pan yang anti lengket. Hal tersebut agar bumbu yang ada di ikan mujair tidak akan terlepas dan menempel di tempat pemanggangan.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Panggang dengan Kecap sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Panggang dengan Kecap adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Panggang dengan Kecap sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Panggang dengan Kecap dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: