Resep Ikan Mujair Cabe Hijau

Cara membuat Ikan Mujair Cabe Hijau yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Cabe Hijau yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Cabe Hijau

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Cabe Hijau. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

  • Ikan Mujair 4 ekor dengan ukuran sesuai selera
  • Garam ½ sendok teh
  • Merica ½ sendok teh
  • Jeruk nipis 1 buah ukuran sedang
  • Jahe 3 sentimeter
  • Lengkuas 3 sentimeter
  • Tomat merah 1 buah
  • Cabe hijau 100 gram
  • Bawang putih 5 buah
  • Bawang merah 10 butir
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan mujair dan menumis bumbu

Cara Membuat


  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci ikan mujair sebelum mengolahnya. Sobek bagian perut ikan dengan pisau yang tajam dan buang isinya. Setelah itu baru bersihkan ikan dengan air dingin.
  2. Setelah ikan bersih, lalu lumuri ikan mujair tersebut dengan air perasan jeruk nipis dan juga garam sebanyak ¼ sendok teh. Sisihkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap ke dalam ikan. Selain menambah cita rasa, jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan dan juga mencegah letupan minyak ketika ikan digoreng.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya, setelah panas sempurna kemudian masukkan ikan mujair secara perlahan ke dalam minyak satu per satu. Pastikan semua ikan mujair terendam di dalam minyak goreng agar hasilnya lebih maksimal.
  4. Goreng hingga ikan mujair garing atau sesuai selera. Setelah itu angkat dan tiriskan hingga kandungan minyak hilang sepenuhnya.
  5. Setelah ikan selesai digoreng, selanjutnya Anda harus membuat bumbu cabe hijau.
  6. Cara membuatnya sangat sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan untuk bumbu halus berupa garam ¼ sendok teh, merica, jahe, lengkuas, tomat merah, cabe hijau, bawang putih, serta bawang merah.
  7. Giling semua bahan tersebut hingga halus atau sesuai selera.
  8. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai muncul aroma harum yang tercium oleh hidung.
  9. Masukkan ikan mujair yang sudah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu halus. Tunggu hingga matang kemudian angkat dan sajikan saat masih hangat.

Tips Ketika Memasak Ikan Mujair Cabe Hijau Sederhana


  • Saat membersihkan ikan mujair dan akan menghilangkan isinya, usahakan jangan sampai memecah empedu ikan. Karena jika empedu pecah maka rasa dari ikan akan berubah bahkan ikan bisa menjadi pahit. Empedu pada ikan memiliki bentuk yang kecil dengan warna hitam.
  • Suhu minyak yang digunakan untuk menggoreng ikan yaitu sekitar 75 derajat. Hal tersebut bertujuan agar daging ikan dapat matang dengan merata. Sebaliknya, jika minyak yang digunakan untuk menggoreng belum panas sepenuhnya maka bagian dalam ikan tidak bisa matang sempurna dan proses penggorengan akan lebih lama.
  • Tips terakhir dalam memasak ikan mujair cabe hijau sederhana adalah meminta penjual ikan untuk membersihkan dan memotong ikan mujair sesuai dengan keinginan Anda. Ikan yang tidak segera dibersihkan akan mengurangi kesegarannya, sehingga membersihkan di pasar tradisional atau supermarket ketika baru dibeli dapat menjadi salah satu solusinya.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Cabe Hijau sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Cabe Hijau adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Cabe Hijau sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Cabe Hijau dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: