Resep Ikan Mujair Balado Ala Padang

Cara membuat Ikan Mujair Balado Ala Padang yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Balado Ala Padang yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Balado Ala Padang

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Balado Ala Padang. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

  • Ikan Mujair 2 ekor
  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 buah
  • Cabe rawit merah 4 buah
  • Cabe merah besar 4 buah
  • Kunyit 1 ruas jari
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai 1 batang
  • Jeruk nipis 1/2 buah
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Air 100 mililiter
  • Minyak goreng secukupnya yang akan digunakan untuk menggoreng ikan mujair
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Cara Membuat


  1. Sebelum digoreng, ikan harus dibersihkan sampai bersih terlebih dahulu. Keluarkan isinya selama proses membersihkan, namun jangan sampai empedu pecah karena bisa membuat ikan menjadi pahit.
  2. Panaskan minyak goreng yang akan digunakan untuk menggoreng ikan mujair. Pastikan minyak yang Anda panaskan benar-benar panas sempurna agar ikan mujair bisa matang hingga ke bagian dalam. Apalagi jika ukuran mujair besar, maka apabila minyak tidak panas sempurna ikan akan lama matang.
  3. Setelah dirasa panas sempurna, kemudian masukkan ikan satu per satu dan goreng hingga kering atau sesuai selera. Jangan lupa untuk membalik ikan ketika digoreng agar semua bagian bisa matang dengan merata. Kemudian angkat dan sisihkan terlebih dahulu untuk selanjutnya membuat bumbu baladonya.
  4. Giling halus bahan-bahan seperti cabe merah besar, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan juga kunyit.
  5. Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis. Kemudian masukkan bahan halus yang sudah Anda giling tadi. Aduk rata dan tunggu hingga sedikit matang serta mengeluarkan bau harum.
  6. Jika sudah tercium bau harum dari bumbu halus, kemudian masukkan ikan mujair yang sudah digoreng dan ditiriskan tadi. Masak sebentar agar bumbu halus meresap ke dalam ikan.
  7. Selanjutnya masukkan bahan seperti serai, daun salam, daun jeruk, garam, gula pasir, air perasan ½ buah jeruk nipis, kecap manis, dan air. Masukkan bahan tersebut satu per satu. Setelah semuanya masuk, kemudian aduk hingga rata dan tercampur dengan ikan serta bumbu halus.
  8. Biarkan air mendidih dan jika air yang Anda masukkan tadi sudah berkurang maka ikan bisa diangkat.
  9. Santap ikan mujair balado ala padang dengan nasi yang masih hangat dan juga kerupuk udang.

Tips Ketika Memasak Ikan Mujair Balado Ala Padang


  • Anda bisa menggiling bumbu halus dengan menggunakan cobek ulekan atau blender. Namun untuk mendapatkan rasa bumbu yang lebih kuat, penggilingan akan lebih lezat jika menggunakan cobek ulekan.
  • Jika Anda menyukai pete, Anda bisa menambahkannya pada resep masakan ikan mujair balado. Masukkan pete bersamaan dengan bumbu yang ditumis. Pete menambah cita rasa tersendiri pada ikan mujair yang Anda buat.
  • Selain pete, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera. Variasikan sendiri bahan tambahan yang Anda inginkan untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Balado Ala Padang sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Balado Ala Padang adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Balado Ala Padang sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Balado Ala Padang dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: