Resep Ikan Mujair Bumbu Bali

Cara membuat Ikan Mujair Bumbu Bali yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Bumbu Bali yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Bumbu Bali

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Bumbu Bali. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan Ikan Mujair Bumbu Bali

Bahan Ikan Mujair Bumbu Bali

  • Ikan mujair ukuran medium (400-600 gr)
  • Kecap
  • Cairan Perasan Jeruk Nipis
  • Tahu (5 buah)
  • Bawang Putih (2 siung)
  • Kemiri (3 buah)
  • Daun jeruk (2-3 lembar)
  • Garam (sesuai selera)
  • Bawang merah (6 siung)
  • Tomat (1 buah)
  • Jahe (Secukupnya)
  • Cabai merah (6 buah)
  • Gula Pasir (sesuai selera)
  • Penyedap rasa (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Langkah Memasak Ikan Mujair Bumbu Bali


  1. Goreng terlebih dahulu tahu yang akan digunakan pelengkap menu pada masakan ikan mujair bumbu bali ini. Usahakan goreng sampai tahu menjadi krispi.
  2. Cuci ikan mujair dengan menggunakan air mengalir terlebih dahulu. Setelah itu singkirkan sisik pada ikan mujair dengan menggunakan pisau atau pun sendok.
  3. Buang juga semua organ yang tidak bisa dikonsumsi pada ikan mujair terutama isi perutnya.
  4. Rendam air mujair dalam perasan cairan jeruk tadi selama satu menit.
  5. Ikan yang sudah direndam dalam perasan cairan jeruk dapat langsung digoreng. Pastikan menggoreng ikan mujair sampai warna kecoklatan dan terasa renyah sesuai dengan selera masing-masing.
  6. Haluskan bumbu dapur yang meliputi tomat, bawang putih, jahe, bawang merah, dan kemiri dengan menggunakan blender.
  7. Tumis bumbu-bumbu dapur yang telah dihaluskan tadi dalam minyak panas.
  8. Tunggu sampai aroma bumbu mulai terasa
  9. Masukkan ikan mujair dan tahu ke dalam wajan penggorengan dan campur merata dengan bumbu yang telah ditumis.
  10. Tuangkan air secukupnya agar bumbu dapat meresap ke dalam daging ikan mujair.
  11. Tutup penggorengan dan tunggu beberapa saat agar bumbu dapat meresap sempurna ke ikan mujair dan tahu yang telah dimasukkan.
  12. Taburkan gula pasir dan garam secukupnya dan sesuai selera.
  13. Tambahkan penyedap rasa secukupnya.
  14. Tunggu beberapa saat dan pastikan air sudah banyak berkurang.
  15. Hidangkan dan nikmati dengan nasi hangat.

Tips Memasak Ikan Mujair Bumbu Bali


  • Pastikan ikan mujair yang digunakan adalah ikan mujair yang fresh untuk hasil yang maksimal. Cara mengetahui ikan mujair ini fresh atau tidak dapat dilihat pada bagian insang ikan yang masih berwarna merah berarti fresh.
  • Cara pembersihan sisik ikan akan lebih mudah jika dilakukan berlawanan arah dengan arah sisik ikan. Gunakan pisau agar lebih ikan lebih cepat bersih dari sisik-sisik yang akan mengganggu nikmatnya makan Anda.
  • Gunakan cairan perasan jeruk untuk menghilangkan bau amis pada ikan secara merata. Untuk hasil maksimal Anda bisa menyayat bagian daging ikan terlebih dahulu agar cairan ini meresap dan seketika menghilangkan bau. Fungsi sayatan yang telah dibuat tadi juga akan membuat bumbu lebih mudah meresap secara sempurna.
  • Anda bisa menikmati ikan mujair bumbu Bali ini dengan menambahkan makanan pelengkap salah satunya kerupuk agar lebih nikmat.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Bumbu Bali sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Bumbu Bali adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Bumbu Bali sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Bumbu Bali dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: