Resep Ikan Mujair Asam Manis Pedas

Cara membuat Ikan Mujair Asam Manis Pedas yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Asam Manis Pedas yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Asam Manis Pedas

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Asam Manis Pedas. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan yang Dibutuhkan

  • Ikan mujair ukuran medium (3 ekor)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Saus tiram (1,5 sdm)
  • Saus tomat (150 ml)
  • Cabai rawit (secukupnya)
  • Bawang bombay (0,5 siung)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Kecap manis (2 sdm)
  • Tomat (1 buah)
  • Bawang putih (secukupnya)
  • Air perasan jeruk (secukupnya)

Cara Membuat


  1. Cuci ikan mujair dengan menggunakan air bersih sampai bersih seluruh bagiannya.
  2. Bersihkan sisik ikan mujair dengan menggunakan pisau tajam ataupun dengan menggunakan gagang sendok sampai bersih semua bagian-bagiannya.
  3. Bersihkan juga semua bagian-bagian ikan mujair yang tidak dapat dikonsumsi.
  4. Sayat daging ikan mujair dan berikan perasan air jeruk secara merata untuk menghilangkan bau amis ikan mujair dan diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  5. Goreng ikan mujair sampai matang dan warnanya berubah.
  6. Iris bawang bombai dan bawang putih menjadi ukuran yang lebih kecil.
  7. Iris juga cabai rawit menjadi ukuran yang lebih kecil.
  8. Iris buah tomat menjadi bentuk kotak-kotak kecil.
  9. Siapkan penggorengan dengan menambahkan minyak goreng secukupnya.
  10. Masukkan bawang bombai dan bawang putih sampai tercium aroma yang harum.
  11. Tuangkan saus tiram, kecap, saus tomat, garam, dan gula.
  12. Tuangkan air dan aduk.
  13. Tunggu sampai campuran tersebut mulai mendidih.
  14. Jika sudah mendidih tambahkan tomat, cabai yang telah dipotong-potong sebelumnya.
  15. Cek rasa masakan, jika dirasa sudah cukup matikan kompor.
  16. Siramkan campuran bumbu pada ikan mujair yang telah digoreng garing tadi.
  17. Ikan mujair asam manis pedas siap disajikan dengan nasi hangat.
  18. Tambahkan juga kerupuk dan sayuran sebagai pelengkap masakan ikan mujair asam manis pedas.

Tips Memasak Ikan Mujair Asam Manis Pedas


  • Sebelum menggoreng ikan pastikan ikan sudah bersih dari sisik dan berbagai jenis bagian ikan yang tidak diperlukan.
  • Saat menggoreng ikan mujair pastikan menggunakan penggorengan yang baru saja dicuci. Jangan menggunakan penggorengan bekas menggoreng bahan makanan lain untuk menghindari lengketnya ikan pada saat proses menggoreng ikan mujair.
  • Anda juga bisa memanaskan penggorengan terlebih dahulu, baru setelah penggorengan panas, masukan minyak goreng ke dalamnya. Ini juga dapat mencegah lengketnya ikan pada penggorengan.
  • Seringkali saat menggoreng ikan minyak akan keluar dengan tidak terkendali sehingga akan terasa sakit jika terkena kulit. Untuk menghindari hal ini Anda dapat menambahkan irisan jahe ke dalam minyak goreng.
  • Tingkat pedasnya ikan mujair dapat diatur sesuai selera yaitu dengan menambahkan jumlah cabai yang akan digunakan. Jika Anda suka pedas tambahkan cabai sesuai selera Anda.
  • Untuk menambah suasana makan yang nikmat, Anda juga bisa menambahkan irisan tempe dan tahu ke dalam masakan ini agar ada variasi menu yang lain.
  • Nikmati ikan mujair asam manis pedas ini selagi hangat bersama dengan nasi hangat. 

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Asam Manis Pedas sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Asam Manis Pedas adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Asam Manis Pedas sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Asam Manis Pedas dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: