Resep Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan

Cara membuat Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan-bahan yang Digunakan

  • Ikan mujair ukuran sedang
  • Perasan air jeruk lemon secukupnya
  • Daun salam (2 lembar)
  • Lengkuas geprek (1 batang)
  • Serai geprek (1 batang)
  • Air asam jawa / air asam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Air biasa secukupnya
  • Bawang putih (8 siung)
  • Bawang merah (6 siung)
  • Kemiri goring (4 butir)
  • Jahe seruas
  • Kunyit seruas
  • Cabe rawit 15 buah / sesuai selera

Cara Membuat


  1. Bersihkan ikan mujair terlebih dahulu beserta isi perutnya, cuci hingga benar-benar bersih.
  2. Kerat-kerat tubuh ikan sesuai keinginan, namun jangan terlalu kecil atau besar (sedang-sedang). Hal ini dilakukan agar bumbu cepat meresap kedaging ikan.
  3. Taburkan perasan air jeruk lemon secukupnya lalu diamkan hingga 10 menit.
  4. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, cabe dan tambahkan sepotong lengkuas ulek hingga halus.
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga matang atau sudah menimbulkan bau harum.
  6. Setelah itu masukkan daun salam, lengkuas, dan serai secukupnya aduk hingga merata dan sedikit matang.
  7. Masukkan ikan mujair aduk bersama bumbu setelah beberapa detik tambahkan air, garam, gula merah dan air asam aduk hingga merata.
  8. Tunggu hingga beberapa menit agar ikan dan bumbu tercampur dan matang, setelah itu sajikan mujair asam pedas dalam keadaan hangat.

Tips Memasak Ikan Mujair Asam Pedas Bikin Ketagihan

Berbagai bentuk makanan dapat dibuat dengan ikan mujair, selain bisa dibakar dan digoreng mujair juga dapat dibuat dengan bumbu asam pedas. Menggunakan bumbu yang sederhana dan terjangkau Anda dapat membuat ikan mujair asam pedas di rumah. Rasa yang bikin ketagihan menjadikan mujair banyak disukai oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia.

Menggunakan ikan mujair berukuran sedang akan memudahkan dalam proses pematangan yakni bumbu akan cepat meresap. Namun tidak salah juga jika memasak ikan mujair yang berukuran besar tetapi harus di kerat-kerat besar agar bumbu lebih mudah meresap kedalam daging ikan. Menambahkan gula merah kedalam bumbu asam pedas akan membuatnya lebih gurih dan nikmat.

Sajikan mujair asam pedas dalam keadaan hangat, agar terasa lebih nikmat pada saat disantap. Santaplah bersama nasi dan kerupuk, siram saus asam manis diatas nasi agar terasa lebih lezat.

Memasak resep ini cukup hemat dan sederhana dalam memasaknya, apalagi ikan mujair tidak sulit untuk ditemukan di pasaran. Jenis makanan ikan mujair dengan bumbu asam pedas ini sering menjadi sajian menu makanan di berbagai tempat maupun restoran yang ada di Indonesia. Jadi dengan resep diatas Anda dapat mencoba menu restaurant di rumah.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Asam Pedas Rumahan Bikin Ketagihan dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: