Resep Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi

Cara membuat Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Bahan yang diperlukan

  • Ikan mujair (2-3 ekor)
  • Bawang putih (4 buah)
  • Seledri (1 tangkai)
  • Garam (secukupnya)
  • Daun kemangi (1 tangkai)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Bawang merah (7 buah)
  • Cabai hijau rawit (3 buah)
  • Air (600 cc)
  • Merica (secukupnya)
  • Kunyit (1 buah)

Cara Pembuatan Ikan Mujair Kuah Bening


  1. Bersihkan ikan mujair dari sisik-sisik dengan menggunakan pisau tajam dengan arah yang berlawanan dengan sisik ikan, setelah sebelumnya dicuci bersih dengan menggunakan air mengalir.
  2. Keluarkan juga semua kotoran dan isi perut dari ikan mujair dan buang.
  3. Haluskan bawang putih terlebih dahulu, setelah itu campurkan dengan bawang merah, kunyit, cabai rawit, merica dan tambahkan garam secukupnya.
  4. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan penggorangan dan jangan lupa nyalakan kompornya terlebih dahulu.
  5. Tumis bahan-bahan yang telah dihaluskan tersebut dalam wajan penggorengan.
  6. Tunggu hingga bahan-bahan yang ditumis mengeluarkan aroma harum.
  7. Setelah keluar aroma harumnya, masukkan ikan mujair ke dalam penggorengan yang terdapat bumbu-bumbu yang telah ditumis tadi.
  8. Tuangkan air ke dalam penggorengan tadi sebanyak 600 cc gunakan api yang besar agar lebih cepat mendidih.
  9. Sembari menunggu sampai setengah mendidih, potong kecil-kecil seledrinya dan petik daun kemangi.
  10. Masukkan seledri dan daun kemangi ke dalam.
  11. Tunggu hingga ikan mujair sudah lebih empuk dan siap disajikan.
  12. Sajikan dalam wadah berukuran besar untuk ikan mujair kuah bening.
  13. Siapkan nasi dan lauk pauk yang lain.
  14. Ikan mujair kuah bening siap untuk disantap.
 

Tips Membuat Ikan Mujair Kuah Bening


  • Gunakan alat penghalus tradisional untuk menghaluskan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit agar mendapatkan cita rasa yang khas. Anda bisa membandingkan cita rasa yang dihasilkan bumbu yang dihaluskan dari mesin dan dihaluskan secara manual.
  • Dalam menumis bahan-bahan yang dihaluskan harus menggunakan minyak goreng yang baru agar tidak mengurangi kandungan gizinya.
  • Jangan terlalu lama saat menumis bahan-bahan yang telah dihaluskan, cukup saat aroma sudah mulai keluar, masukkan ikan ke dalamnya.
  • Anda bisa memperbanyak sayur-sayuran yang digunakan, misalnya dengan menambahkan tomat dan daun kol agar menambah asupan gizi dan kesegaran masakan.
  • Sebelum dimasak kurangi bau amis pada ikan mujair dengan cara menyiramnya dengan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis dapat meminimalkan bau amis pada semua jenis ikan. Selain menggunakan jeruk nipis, Anda juga bisa menghilangkan bau amis dengan menggunakan cuka.
  • Selain menggunakan pisau, gagang sendok juga dapat digunakan untuk membersihkan sisik-sisik ikan mujair.
  • Masakan ini akan sangat cocok jika disantap selagi hangat dengan nasi yang masih hangat ditambah lagi dengan kehadiran sambal bawang yang akan menambah selera makan.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujair Kuah Bening yang Sehat dan Bergizi Tinggi dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: