Resep Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas

Cara membuat Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas yang sederhana dan enak dengan menu Resep Ikan Mujair yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas. Resep Ikan Mujair kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Ikan Mujair dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Ikan Mujair yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Mujaer ukuran sedang
  • Jeruk nipis (1 buah)
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Bawang merah ( 5 siung)
  • Bawang putih (3 siung)
  • Cabai rawit (5 buah / sesuai selera)
  • Cabai merah (4 buah)
  • Tomat merah (2 buah)
  • Lengkuas, memarkan (2cm)
  • Saus tiram (1sdm)
  • Saus sambal (2sdm)
  • Merica bubuk (1sdt)
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Bersihkan Ikan terlebih dahulu. Buang bagian dalam ikan ikan lalu cuci hingga bersih. Kerat atau beri sayatan melintang di badan ikan sepanjang 2-3cm agar bumbunya bisa masuk dan meresap ke dalam daging ikan.
  2. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan sedikit garam. Ini akan membuat ikan tidak berbau amis serta memberi rasa gurih pada ikan. Ratakan hingga merata. Diamkan beberapa menit hingga bumbu meresap sempurna.
  3. Goreng ikan mujaer hingga matang atau kering. Agar ikan mujaer bisa matang sempurna dan krispi atau benar-benar kering, sebaiknya gunakan teknik deep fry atau menggoreng dengan minyak yang banyak. Tanda ikan matang adalah badan ikan berubah warna menjadi kuning keemasan. Jika sudah angkat dan tiriskan.
  4. Ulek kasar bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe merah dan tomat. Jangan diulek hingga halus. Cukup diulek kasar dan pastikan masih ada tekstur pada bumbu-bumbu tersebut.
  5. Tumis ulekan kasar bumbu tersebut dengan sedikit minyak. Tumis hingga harum lalu tambahkan merica bubuk, garam dan gula secukupnya, sedikit air dan lengkuas yang sudah dipipihkan. Tumis lagi dan tunggu hingga air sedikit mendidih.
  6. Setelah air sedikit mendidih, tambahkan saos tiram dan saos sambal secukupnya sesuai selera. Aduk secara merata hingga kuah mendidih, yaitu bisa dilihat dari kuah yang meletup letup.
  7. Letakkan mujaer yang sudah digoreng di atas piring. Lalu, siramkan saus yang sudah dimasak di atas mujaer goreng tersebut. Mujaer bumbu merah pedas pun siap dihidangkan.

Tips Memasak Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas

Ikan mujaer ini adalah ikan air tawar yang cukup mudah diolah. Namun, perhatikan cara mengolahnya. Saat membersihkan pastikan ikan benar-benar bersih agar tidak berbau pasir saat dimakan.
  1. Menggoreng ikan mujaer hingga kering akan membuat duri-duri ikan juga ikuy tergoreng sehingga selain lebih lezat juga lebih gurih.
  2. Untuk resep ikan mujaer goreng bumbu merah pedas ini, tingkat kepedasan bumbu bisa diatur sesuai selera. Jika suka dengan masakan pedas, Anda bisa menambahkan cabe rawit berwarna merah lebih banyak dari resep yang sudah dituliskan. Pastikan cabe yang dipilih berwarna merah agar memunculkan warna merah pada saus lebih kuat.
  3. Sajikan menu ikan mujaer goreng bumbu merah pedas ini dalam keadaan hangat. Untuk penyajian bisa dikombinasikan dengan kerupuk udang dan nasi hangat agar lebih nikmat.

Lihat juga "10 Resep Ikan Mujair Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Ikan Mujair yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas adalah salah satu menu Resep Ikan Mujair empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Ikan Mujair" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Ikan Mujair adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Ikan Mujair yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ikan Mujaer Goreng Bumbu Merah Pedas dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Ikan Mujair yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Ikan Mujair yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Ikan Mujair ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Ikan Mujair dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: