Resep Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil

Cara membuat Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil yang sederhana dan enak dengan menu Resep Masakan Dari Ayam yang super simple plus cepat mudah untuk pemula. Apakah kamu mau tahu resep cara menyajikan hidangan rumahan dari olahan Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil yang enak dan sederhana juga murah?


Resep Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil

Masak apa hari ini? Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil. Resep Masakan Dari Ayam kali ini akan memandu secara lengkap, memasak Resep Masakan Dari Ayam dengan mudah, tapi tenang saja untuk tutorial cara masak Resep Masakan Dari Ayam yang akan dijelaskan ini pastinya tidak kalah enak. Jadi, kamu siapkan bahan-bahanya dibawah ini ya.


resep ayam bakar aluminium foil
Ayam panggang adalah masakan yang mudah dibuat bahkan untuk pemula. Anda tidak perlu waktu lama untuk menyiapkannya, dan jika Anda mengikuti panduan di bawah ini, Anda akan bisa membuat ayam panggang yang enak dan bergizi.


Bahan
  • 1 ekor ayam, utuh atau dipotong (sesuai selera)
  • Minyak zaitun
  • Garam dan merica
  • Bumbu atau penyedap lainnya (sesuai selera)
  • Alas atau nampan panggangan


Memanggang Ayam Utuh

  1.  Panaskan oven sampai 230 derajat celcius. Jika Anda menggunakan oven konveksi, Anda bisa memanaskan sampai 218 derajat celcius.
  2.  Bilas dan bersihkan ayam menggunakan air dingin. Pastikan Anda membersihkan isinya, serta mengangkat semua organ dalam yang masih tersisa. Keringkan setelah dicuci.
  3.  Oleskan minyak zaitun pada ayam dan lumurkan ke kulitnya. Dua sendok makan minyak zaitun (atau mentega) harusnya cukup untuk satu ekor ayam.
  4.  Bumbui bagian luar ayam dengan garam dan merica. Berikan bumbu atau herbal lain di langkah ini jika Anda ingin.
  5.  Masukkan satu atau dua buah lemon yang sudah dibelah dan masukkan ke dalam badan ayam (sesuai selera). Lemon akan memberi rasa, kelembapan, dan aroma pada ayam.
  6.  Letakkan ayam ke nampan atau alas panggangan. Lapisi permukaan nampan dengan aluminium foil agar Anda nanti bisa membersihkan nampannya dengan mudah.
  7.  Ikat kedua paha ayam. Mengikat paha ayam akan membuat dagingnya matang dengan lebih cepat. (Biasanya, daging pada dada matang lebih dulu daripada daging pada paha, sehingga membuat daging yang putih kering ketika bagian daging yang gelap sudah matang.)
  8.  Panggang selama 20 menit, lalu turunkan panas oven menjadi 200 derajat celcius. Kemudian tunggu lagi selama 40 menit sampai bagian terdalam ayam memiliki suhu 76 sampai 82 derajat celcius.
  9.  Jika sudah matang, angkat dari oven dan tutupi ayam dengan aluminium foil selama 15 menit. Ini akan membuat sarinya tinggal. Jika Anda langsung memotong ayam setelah diangkat dari oven, sarinya akan hilang, dan membuat sari ayam kurang enak.
  10.  Sajikan dan nikmati.


Memanggang Ayam Potong


  1.  Panaskan oven sampai 205 derajat celcius. Jika Anda menggunakan oven elektrik atau oven gas, panaskan sampai 205 derajat celcius. Jika Anda menggunakan oven konveksi, panaskan sampai 190 derajat celcius.
  2.  Siapkan ayam selagi menunggu oven panas. Jika ayam masih utuh, potong sesuai selera (menjadi 8, 12, atau 16 potong), bilas dan bersihkan lalu keringkan. Jika Anda menggunakan ayam yang sudah dipotong, maka Anda hanya perlu membersihkan dan mengeringkannya.
  3.  Tuang dan ratakan kurang lebih dua sendok makan minyak zaitun ke nampan panggangan.
  4. Jika Anda ingin menghemat waktu atau malas membersihkan nampan setelah digunakan nanti, alasi nampan dengan aluminium foil. Ketika selesai memasak, Anda cukup mengangkat dan membuang aluminium foil-nya.
  5.  Letakkan potongan ayam ke nampan panggangan. Pastikan tiap potongan terkena minyak zaitun secara merata.
  6.  Masukkan bumbu aromatik, herbal, atau sayuran ke nampan panggangan (sesuai selera). Ayam akan memiliki rasa yang lebih menggugah selera dengan menambahkan lemon, bawang, wortel, bawang putih, dan lainnya. Bukalah beberapa buku resep untuk mencari kombinasi yang Anda sukai.
  7.  Taburi garam, merica, dan bumbu penyedap lainnya.
  8.  Mulailah memanggang. Masukkan nampan panggangan beserta ayamnya ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tunggu selama 30 menit, kemudian turunkan panasnya sebesar 10 derajat celcius dan kemudian tunggu lagi selama 30 menit.
  9.  Periksa kematangannya lima menit sebelum diangkat. Periksa dengan menusukkan garpu pada ayam. Jika sari ayamnya terlihat bening, berarti ayam sudah matang. Jika tidak, tunggu kembali selama lima menit.
  10.  Angkat dan diamkan. Setelah matang dan diangkat dari oven, diamkan ayam selama lima menit. Ini akan membuat sari ayam menyerap kembali ke dalam daging, sehingga membuat dagingnya lembap dan empuk.
  11.  Sajikan dan nikmati.

Lihat juga "10 Resep Masakan Dari Ayam Enak dan Mudah.




    Simak berbagai metode resep praktis cara membuat Resep Masakan Dari Ayam yang mudah serta enak ini, dan sajian sedap dari Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil sederhana ini enak simple dan lezat menggugah selera lidah untuk bergoyang.


    Resep Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil adalah salah satu menu Resep Masakan Dari Ayam empuk dan bumbu meresap pilihan zona resep masakan praktis sehari hari yang sederhana murah dan hemat tapi enak. Hidangkan menu sajian rumahan "Resep Masakan Dari Ayam" yang sederhana ini, untuk keluarga tercinta di rumah.

    Resep Masakan Dari Ayam adalah salah satu makanan yang punya cita rasa bikin nagih, tidak sedikit yang gemar mengolah menu Resep Masakan Dari Ayam yang enak, empuk dan gurih. Mau tahu bagaimana resep Resep Masakan Dari Ayam dan cara membuatnya? Yuk, cobain cara membuat Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil sederhana seperti zona resep masakan rangkum diatas.
    Telah selesai dibagikan buat kamu resep Ayam Bakar Menggunakan Aluminium Foil dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba Resep Masakan Dari Ayam yang lezat murah dan hemat di atas.

    Ketahuilah, kamu adalah Master Chef Handal yang setiap hari membuat masakan untuk keluarga tercinta, dan Resep Masakan Dari Ayam yakin bahwa kamu akan dengan mudah membuat hidangan Resep Masakan Dari Ayam ini di rumah.

    Dan bukan hal yang sulit juga bagi kamu untuk membagikan artiel ini ke teman-teman Anda di sosial media.

    Jika tidak keberatan mohon bagikan artikel Resep Masakan Dari Ayam dan cara membuatnya ini ke media sosial kamu, beri tahu mereka bahwa kamu adalah Master Chef hebat!

    Silahkan bagikan ke: